Penambahan minat

Liquid

Itu bentuknya bagus

Karena tempatnya bagus

Artinya dia cuma ngikut

Aturan juga bukan, tapi memang begitulah ia

Bila ia dipindahkan bentuk baru yang benjol

Ia pun akan jadi demikian benjol

Seperti ia jadi bintang ketika ada baki berbentuk bintang, juga membentuk hati karena demikian dia punya tempat untuk berada.

Ia tidak bisa mengikuti utuh bentuk drum itu karena ia setetes, artinya kemampuan untuk itu sangatlah tidak mungkin beda dengan keadaan ia ketika berisi seperti besar tuang drum itu; dan ini samasekali beda dengan volume suaramu yang sering kueja mengatakan sedikit saja yang kau tahu dari apa yang sebenarnya terjadi itu.

Berbeda dengan bagaimana orang bicara kewaspadaan, dalam konteks ini cukup kenal saja atau mengetahui bahwa bukan semua itu melulu bicara yang enak disedot, enak dikulum hingga ditelan seperti sirup, agar hingga puding yang berawal dari pemikiran cair, karena air kencing juga bentuknya cair, atau air kolam hingga air sungai dan air-air yang lain sewajarnya cair.

Hal lain yang cair adalah oli dan minyak. itu semua sangat ereat hubungannya dengan aneka jenis kendaraan yang digunakan oleh masyarakat luas maupun berbagai industri. Siapa pembuat-pembuat kendaraan dan mesin-mesin yang mengisi planet kitaa ini. Hal industri ini tidak dapat disembunyikan karena semua produknya memadati semua ruas jalan yang dibangun mahal disetiap tempat yang kita lihat.

Pernahkah kita berpikir siapa yang paling banyak meneriakkan tentang akibat-akibat dari polusi, solusi hijau dan emisi. Saya tidak pernah tahu banyak karena sering terlalu sibuk dengan kue-kue kecil di dapur, Penjajahan yang harus dihapuskan itu sudah kudengar sejak kecil tepatnya sejak masih sekolah di SD bahkan TK. Tetapi penjajahan itu sepertinya berubah bentuk. Bentuknya tidak lagi seperti di jaman dulu, dengan invasi dan senjata hingga pengerukan hasil suatu daerah. Produksi mereka yang sangat memadati tempat-kita ini sebenarnya sebagi salah satu bentuk penajajahan terhebat terhadap bumi dan langit ini, dan mengapa mereka tidak membayangkan apa jadinya bila semua kendaraan itu kembali ke semua negara asal pembuatnya sesuai merknya; apa yang akan terjadi dengan negara mereka. Logika iseng saja teman, walau itu tidak mungkin; tapi kalo mereka masih teriak terlalu banyak tentang emisi dan sejenisnya biasanya juga ada maunya; terhadap produk-produk yang mau dicokolkan kepada orang-orang yang mendambakan hal-hal demikian dengan berlebihan. Saya sebagai penjual oli dan minyak tidak akan dirugikan, tetapi kesadaran akan manisnya penjajahan yang seperti malaikat datangnya itu yang menggelitik yang membuat kalimat demi kalimat ini mengalir. Biarkan saja seandainya para pembuat mesin solusi itu menganggap orang yang kolot dan susah dianggap maju, karena tidak dipungkiri jika pikiran mereka juga sebenarnya sudah banyak tercemar dengan definisi penyesat tentang diri dan lingkungan bahagia mereka menyusup dalam benak yang sangat ringan menembus mereka punya tengkorak.